Manajemen Strategi
ANALISIS SWOT
BANK MANDIRI (PERSERO) Tbk
Tugas 3
Disusun Oleh :
1.
M. Faris N (1202010010)
2.
Tatak H. (1202010012)
3.
Hendrik W.P (1202010022)
4.
Burhan Y. (1202010090)
5.
Bagas M. (1202010092)
6.
Afrinda W. (1202010104)
MANAJEMEN S1
FAKULTAS EKONOMI
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO
Berikut merupakan analisis SWOT Bank Mandiri (Persero) Tbk, antara lain :
A. Strength (Kekuatan)
Bank Mandiri menawarkan
berbagai produk perbankan yang mempermudah nasabah dalam bertransaksi, serta
mengaplikasikan layanan 24 jam. Layanan ini terdapat berbagai bentuk misalnya
Mandiri Mobile, Mandiri Internet Bisnis, Mandiri Internet, Mandiri SMS, Mandiri
Call, dan Mandiri ATM.
Pertama, Mandiri mobile adalah
layanan mobile banking pada smartphone (Blackberry, Android, dan iPhone)
dengan tampilan menu yang menarik dan mudah digunakan. Dengan mandiri mobile
Nasabah dapat melakukan transaksi finansial (transfer, pembayaran, pembelian,
dll), transaksi non finansial (cek saldo, cek histori transaksi, dll),
informasi lokasi cabang/ATM, informasi kurs dan fitur-fitu rmenarik lainnya.
Untuk menggunakan layanan ini,
Nasabah perlu mengaktifkan layanan mandiri sms kemudian mengunduh aplikasi
mandiri mobile. Nasabah dapat mengunduh aplikas iini di Blackberry App World,
App Store, dan Google Play.
Kedua, Mandiri internet bisnis
adalah layanan e-banking untuk melakukan transaksi financial dan non financial
dengan aplikasi internet banking yang diperuntukkan bagi Nasabah bisnis dari
segmen perorangan dan perusahaan khususnya kategori perusahaan kecil dan
menengah. Fitur yang terdapat di dalam layanan mandiri internet bisnis antara
lain informasi umum rekening, transfer, pembayaran, pembelian, admiminstrasi,
infomasi bisnis dan aktivitas bisnis.
Ketiga, Mandiri SMS. Ketik SMS
atau Pilih Menu Kini, transaksi perbankan di Mandiri semakin mudah dengan
hadirnya layanan ini. Mandiri SMS adalah layanan perbankan yang dapat Nasabah
gunakan untuk bertransaksi perbankan melalui SMS di ponsel Nasabah. Keuntungan
dari layanan ini adalah transaksi perbankan dapat kapan saja dan dimana
saja, mudah dan fleksibel, lebih efisien, memakai semua jenis SIM Card, serta
apapun jenis SIM Card yang nasabah miliki, transaksi perbankan dapat nasabah
lakukan.
Keempat, Mandiri Call, layanan
perbankan otomatis 24 Jam melalui telepon atau ponsel yang membuat Nasabah
semakin dekat dengan rekening nasabah dan memudahkan nasabah mengatur keuangan
lebih leluasa tanpa batasan waktu dan tempat. Melakukan transaksi perbankan
semudah nasabah menekan tombol telepon. Dengan Mandiri Call Nasabah dapat
melakukan transfer antar rekening Bank Mandiri, Pembayaran tagihan : Listrik
(PLN); PAM; Telepon/Handphone; KartuKredit; TiketPesawat/KeretaApi; Iklan;
Internet; Televisi berlangganan; PBB; Pendidikan; Asuransi; Pembelian isi ulang
pulsa; Pembukaan deposito rupiah; Informasi saldo rekening dan 10 transaksi
terakhir; Informasi (suku bunga, kurs, rekening pinjaman) dan aplikasi pinjaman
dan produk. Kelima, Mandiri ATM. Nasabah dapat mengakses dan melakukan
aktivitas perbankan melalui lebih dari 10.360 Mandiri ATM yang telah tersebar
di seluruh daerah di Indonesia.
Selain itu, Mandiri juga
menawarkan layanan E-Cash dan E-Money sebagai bentuk pelayanan prima kepada
masyarakat. Pada sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), Mandiri juga
memiliki program Mandiri Kredit Usaha Mikro, Mandiri Kredit BPR dan Program
Kemitraan dan Bina Lingkungan. Program – program tersebut ditujukan untuk
mempermudah dan menjangkau masyarakat yang akan membuka usaha dalam skala
menengah.
Dengan demikian, banyaknya
layanan 24 Jam serta program – program menarik tersebut diharapkan dapat
menjadi kekuatan bagi keberlangsungan PT.Bank Mandiri dalam kegiatannya
dibidang perbankan baik secara nasional maupun Internasional. Tentunya, layanan
prima dan lengkap ini akan semakin mempermudah dan menjangkau seluruh lapisan
masyarakat untuk menggunakan Bank Mandiri sebagai Lembaga Perbankan yang
dipercaya.
B. Weakness (Kelemahan)
Bank Mandiri memiliki salah
satu fitur yaitu,e-cash.Tetapi selain memiliki manfaat fitur e-cash masih
memiliki kelemahan dan masalah yaitu:
·
Susah untuk mengakses jika server bermasalah.
·
Timbulnya kejahatan seperti penyadapan, pembobolan
·
Membutuhkan internet. Jika tidak ada internet, maka transaksi tidak akan berjalan.
Bank Mandiri memiliki fitur KTA (Kredit tanpa
Anggunan). Tetapi masih ada beberapa kelemahan dari KTA tersebut.yaitu:
- Dikarenakan ini adalah pinjaman tanpa jaminan dan agunan sehingga
bunga yang ditawarkan biasanya lebih tinggi daripada produk pinjaman lain
dari lembaga keuangan
- Ada jumlah maksimal uang yang boleh dipinjam jadi gak bisa meminjam
melewati batas yang telah terterah dalam peraturan masing - masing lembaga
keuangan
- Seperti produk pinjaman lain, kredit tanpa agunan juga memiliki batas
waktu peminjaman.
Bank Mandiri memiliki fitur Mobile
banking.Tetapi fitur ini masih mempunyai beberapa kelemahan yaitu:
·
Resiko keamanan terbesar dalam mobile banking adalah non-dienkripsi
server penyedia layanan ponsel. Hal ini relative sangat mudah bagi seorang
hacker ahli untuk mendapatkan informasi account atau debit dan informasi kartu
kredit dari pengguna.·
Kecepatan saat melakukan transaksi tidak begitu cepat.
C. Opportunity (Kesempatan)
Sebagai salah satu bank
terbesar di Indonesia, bank Mandiri memiliki peluang dalam meningkatkan financial
inclusion, yaitu perluasan akses layanan perbankan kepada masyarakat yang
belum memanfaatkan jasa layanan perbankan. Financial inclusion adalah
topik yang penting bagi Indonesia sebagai bentuk peningkatan akses pelayanan
financial untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi. Secara langsung, financial
inclusion dapat membantu masyarakat dalam mengubah sifat konsumerisme atau
consumptive menjadi masyarakat yang cenderung akan menyimpan uang mereka
dalam bentuk rekening pribadi.
D. Threat (Ancaman)
·
Produk-produk yang ditawarkan oleh bank pesaing lainnya semakin inovatif
·
Penggunaan teknologi yang semakin canggih oleh para pesaing dalam
memberikan pelayanan kepada pihak nasabah
·
Ancaman pesaing tetap menjadi yang utama, pesaing tidak datang dari dalam negeri,
tetapi dari luar negeri
·
Pesaing tidak hanya sesama bank konvensional saja, sekarang mulai banyak
bermunculan Bank Syariah, yang akan menambah daftar pesaing Bank Mandiri
·
Kondisi/suhu politik Indonesia yang mash belum stabil, hal ini akan
menyebabkan dampak negatif bagi perekonomian Indonesia, termasuk Perbankan di
Indonesia, termasuk Bank Mandiri
·
Kenaikan harga minyak dunia akan menimbulkan dampak negatif, hal ini
akan menyebabkan kemungkinan pemerintah akan mengurangi Subsidi BBM, yang
secara otomatis harga BBM akan naik. Kondisi yang seperti ini akan membuat
inflasi menjadi tinggi di Indonesia, yang secara otomatis akan berdampak bagi
perekonomian, termasuk perbankan di Indonesia, termasuk didalamnya Bank
Mandiri.
analisa kehidupan mks outsorcing mandiri. anda baru bisa buat kayak gini bang
BalasHapus